Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Course Review Horray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Main Author: Mafaza, 140208061
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5255/1/Mafaza.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5255/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5255/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan penulis di SMA Negeri 5 Banda Aceh bahwa permasalahannya hasil belajar siswa rendah dan siswa kurang berminat terhadap pembelajaran, kurang termotivasi dan cenderung kurang aktif dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran kimia khususnya materi laju reaksi. Hal ini didukung dengan data yang diperoleh peneliti terkait hasil ulangan harian siswa pada tahun 2015/2016. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran quantum teaching dengan course review horay pada materi laju reaksi di SMAN 5 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu, kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran quantum teaching dan kelas XI IPA2 dengan model pembelajaran course review horray. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan instrumen yang digunakan adalah soal tes berupa tes hasil belajar , kemudian diolah menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05, dari hasil perhitungan diperoleh thitung ≤ ttabel atau 1,92 ≤ 2,002. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelaran quantum teaching dengan model pembelajaran cours review horray pada pembelajaran laju reaksi di SMA Negeri 5 Banda Aceh.