Penggunaan Media Animasi pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii di Mtss Darussyariah Banda Aceh
Main Author: | Jumiati, 281223156 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5244/2/Jumiati.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5244/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5244/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Pembelajaran di MTsS Darussyariah Banda Aceh masih menggunakan pembelajaran secara konvensional dan media yang digunakan belum bervariasi, kondisi tersebut berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu inovasi yang dapat digunakan guru untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media animasi sebagai salah satu media yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di MTsS Darussyariah Banda Aceh yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi pada materi sistem peredaran darah manusia. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Random Pre-test, Post-test. Populasi dalam penelitian ini, adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Darussyariah Banda Aceh, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII1 dan VIII2. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah VIII1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII2 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada pertemuan I yaitu 77,5% (sangat aktif) dan pertemuan II yaitu 85% (sangat aktif). Sedangkan kelas kontrol memperoleh skor pertemuan I yaitu 68,12% (aktif) dan pertemuan II yaitu 68,75% (aktif). Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 84,25, dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata yaitu 70,75. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung > ttabel 4,42 > 1,68, maka Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media animasi pada materi sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di MTsS Darussyariah Banda Aceh