Peningkatan Minat Membaca dengan Media Pojok Baca Siswa Kelas II MIN 11 Banda Aceh

Main Author: Raudhah, 201223401
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5145/1/Raudhah.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5145/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5145/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Membaca merupakan salah satu dari ketrampilan berbahasa. Membaca merupakan faktor penting dalam sebuah proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil observasi di MIN 11 Banda Aceh, diperoleh informasi bahwa, minat membaca siswa MIN 11 Banda Aceh khususnya kelas II masih kurang, banyak siswa yang tidak suka membaca. Hal ini disebabkan karena kurangnya alternatif dan media yang digunakan pada saat proses belajar mengajar. Banyak guru hanya menyuruh anak membaca saja tanpa memberi arahan untuk membuat sebuah keterampilan yang membuat mereka termotivasi dalam membaca. Pembelajaran selama ini di MIN 11 Banda Aceh masih berpusat pada guru sehingga banyak siswa yang bosan dalam belajar. Oleh karena itu, penetili menawarkan solusi untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu media pojok baca. Pojok baca merupakan sebeuah media yang dapat memanfaatkan ruang sebagai budaya untuk meningkatkan minat baca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam upaya peningkatan minat membaca dengan media pojok baca dan untuk mengetahui minat membaca dalam upaya peningkatan minat membaca dengan media pojok baca kelas II MIN 11 Banda Aceh. Rancangan penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari III siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dengan penerapan media pojok baca mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 75%, siklus II yaitu 87,5% dan siklus III sebesar 96,1%. Hasil aktivitas siswa dengan penerapan media pojok baca mengalami peningkatan dari siklus I memiliki nilai sebesar 73,4% (baik) dan siklus II sebesar 84,8 (sangat baik), dan siklus III sebesar 95,3 (sangat baik). Hasil minat membaca siswa telah mencapai nilai tuntas secara klasikal dengan persentase pada siklus I sebesar 66% (baik). Hasil tes dan analisis data pada siklus II menunjukkan bahwa sebesar 87% (sangat baik). Dan siklus III sebesar 95% (sangat baik).