Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh
Main Author: | Rizal Fahmi, 201223456 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5115/1/Rizal%20Fahmi.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5115/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5115/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi di MIS Lamgugob Banda Aceh pada pelajaran IPS di kelas IV peneliti mendapatkan informasi siswa kurang aktif dan kurang kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran dan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan metode Pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di lakasanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran IPS dengan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (l) Observasi (2) Tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 2,86 dan meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 3,46. (2) aktifitas siswa pada siklus I yaitu 2,73 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 3,50. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,50%, meningkat menjadi 82,50%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Pembelajaran Tutor Seabaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IVA MIS Lamgugob Banda Aceh.