Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di MTsN Sabang
Main Author: | Nurul Ramzani, 281223117 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5113/1/Nurul%20Ramzani.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5113/17/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5113/ http:library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di MTsN Sabangmasih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya pencapaian KKM.Alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model dan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran mind mapping yang dikombinasikan dengan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan modelpembelajaran mind mapping dan media audio visual jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem ekskresi manusia di MTsN Sabang. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Sabang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-3 dan VIII-4 yang berjumlah 25 siswa setiap kelasnya. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran mind mapping dan media audio visual tergolong sangat aktif dengan nilai persentase 76,70% pada pertemuan pertama dan siswa tergolong sangat aktif dengan nilai persentase 86,36% pada pertemuan kedua. Sedangkan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran konvensional memiliki nilai persentase 61,36% pada pertemuan pertama dan 71,02% pada pertemuan kedua. Hasil uji-t menunjukkan thitung 2,47 > ttabel 1,67, sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran mind mapping dan media audio visual lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.