Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Berbagai Pekerjaan di Kelas IV MIN 20 Aceh Besar
Main Author: | Karman, 201223383 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5064/1/Karman.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5064/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5064/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Salah satu penyebab pembelajaran menjadi pasif adalah karena pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa tidak mencapai KKM. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving khususunya pada tema berbagai pekerjaan dan subtema jenis-jenis pekerjaan. Teknik pengumpulan data observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar (38 siswa). Adapun teknik analisis data dengan teknik deskriptif persentatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving meningkat dari siklus I hanya pada 73,07% menjadi 85,41%, (2) Aktivitas siswa pada siklus I hanya pada 71,15% menjadi 81,25%, (3) Hasil rata-rata siswa secara klasikal pada siklus I hanya 61,57 meningkat pada siklus II menjadi 84,86 ini berarti sebagian besar siswa tuntas belajarnya dengan diterapkan model pembelajaran Problem Solving berbantuan alat peraga pada tema yang telah disebutkan di atas.