Kompetensi Personal Pustakawan dan Kaitannya dengan Kepuasan Pengguna pada Layanan Referensi Badan Arsip dan Perpustakawan Aceh
Main Author: | Radhiani, 531202835 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4970/1/Radhiani.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4970/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4970/ http://library.ar.raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul Kompetensi Personal Pustakawan dan Kaitannya Dengan Kepuasan Pengguna Pada Layanan Referensi Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi personal pustakawan pada layanan referensi Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh dan untuk mengetahui kaitan antara kompetensi personal pustakawan dengan kepuasan pengguna pada layanan referensi Badan Arsip Dan Perpustakaan Aceh, dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang, terdiri dari 30 orang pengguna dan 2 orang pegawai perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Personal Pustakawan dalam melakukan layanan referensi, baik dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sikap pustakawan dalam melayani pengguna seperti kepedulian, sopan, ramah dan sabar. Sedangkan pengetahuan mengenai cara melayani pengguna, mengetahui, ketersediaan koleksi dan mengetahui cara membantu pengguna dalam mencari informasi, keterampilan maupun berkomunikasi yang baik dan mampu dengan cepat memberikan informasi kepada pengguna. Begitu pula dengan kompetensi personal pustakawan layanan referensi Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh. Erat dengan kepuasan pengguna merasa puas terhadap fasilitas seperti layanan buka jam 08.00 sampai jam 12.00 kemudian istirahat dan jam 02.00 sampai jam 5 sore yang disediakan oleh perpustakaan dan juga jam layanan.