Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamens (TGT) terhadap Hasil Belajar siwa pada Materi Pengukuran di MAS Darul Ihsan Aceh Besar
Main Author: | Devi Marzah, 251222779 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4969/1/Devi%20Marzah.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4969/2/From%20B%20dan%20From%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4969/ http://library.ar.raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar pada Materi Pengukuran. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa proses pembelajaran yang diterapkan belum menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di MAS Darul Ihsan Aceh Besar dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada materi pengukuran di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre eksperimental, dengan desain One Group Pre test Post test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (4E) yang berjumlah 24. Sesuai dengan hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan maka yaitu 9,25 > 1,71, maka dapat dinyatakan bahwa Ha terima artinya adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) sangat baik, dibuktikan dengan hasil dari respon siswa dengan nilai persentase sangat setuju 21,663% ditambah dengan persentase setuju 65,83% adalah 87,493%, sehingga kriteria persentase respon siswa dalam kategori 76-100%.