Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar siswa pada Materi Besaran dan Satuan di SMP Negeri 9 Banda Aceh
Main Author: | Ema Mauliza, 251222768 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4968/1/Ema%20Mauliza.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4968/2/From%20B%20dan%20From%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4968/ http://library.ar.raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Banda Aceh pada pelajaran fisika materi Besaran dan Satuan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa kebanyakan siswa pada umumnya menganggap pelajaran Fisika sulit karena mereka banyak menjumpai persamaan-persamaan, sehingga Fisika diidentikkan dengan angka dan rumus. Siswa tidak memperhatikan penjelasan yang dijelaskan oleh guru, kebanyakan siswa jenuh, dan kurang semangat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi besaran dan satuan di SMP N 9 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen dengan Pre test dan Post test Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 9 Banda Aceh. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu 7,85 > 1,68. Dengan demikian Ha diterima, artinya adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).