Pengembangan Tes Diagnostik Bentuk Essay untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa pada Materi Larutan Asam Basa di SMA Negeri 3 Banda Aceh

Main Author: Aprinita Lisanul, 140208193
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4942/1/Aprinita%20Lisanul.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4942/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4942/
http://library.ar-raniry.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik bentuk essay dalam mengetahui miskonsepsi siswa pada materi larutan asam basa dan mengetahui miskonsepsi siswa pada materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural mengadaptasi prosedur pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh. Data diperoleh melalui tes diagnostik bentuk essay dan dianalisis dengan teknik Certainty of Response Index (CRI). Simpulan hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan tes diagnostik bentuk essay untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi larutan asam basa di kelas XI menggunakan teknik Certainty of Response Index (CRI) dengan jumlah 20 butir soal, serta produk akhir yang dihasilkan dari tes diagnostik bentuk essay memiliki 10 butir soal dengan kriteria valid dan tingkat reliabilitas yang tinggi. Miskonsepsi dapat teridentifikasi dari 26 siswa yang menjadi subjek penelitian dengan menggunakan tes diagnostik bentuk essay pada materi larutan asam basa yang dianalisis menggunakan teknik Certainty of Response Index (CRI) memiliki persentase tertinggi sebesar 81% pada indikator soal menyebutkan sifat larutan asam maupun basa, menghitung derajat ionisasi asam dan basa sebesar 65% dan 58% pada menghitung pH penetralan serta rerata miskonsepsi secara keseluruhan sebesar 29,80%.