Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPA pada Materi Elastisitas di MAN 5 Aceh Besar
Main Author: | Firnanda, 251324504 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4906/2/Firnanda.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4906/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4906/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil pengamatan di kelas X IPA MAN Cot Gue Aceh Besar, diperoleh permasalahan bahwa prestasi siswa terhadap belajar Fisika sangat minim, sebagian siswa mengenali bidang studi fisika sebagai ilmu yang rumit yang selalu disertai dengan rumus-rumus yang disebabkan oleh kurangnya model pembelajaran yang di senangi siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X IPA pada materi Elastisitas di MAN Cot Gue. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Pre-Experimental Design.. Sampel pada penelitian ini adalah siswa/i MAN Cot Gue Aceh Besar yaitu kelas X IPA. Instrumen penelitian untuk mengukur prestasi belajar, instrumen tes berupa tes pilihan ganda dalam ranah kognitif yang telah diuji validitas. Hasil perhitungan normalitas data dengan menggunakan Chi Kuadrat diperoleh data terdistribusi normal. Hasil perhitungan homongenitas dengan menggunakan uji F diperoleh data homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 21. Dari hasil perhitungan diperoeh thitung = 2,07 dan ttabel = 1,72, yang berarti bahwa thitung>ttabel, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPA MAN Cot Gue pada taraf signifikan 5%.