Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
Main Author: | Nurjalia, 140212051 |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4864/1/Nurjalia.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4864/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4864/ https://Repository.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap prestasi akademik mahasiswa di Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang didasarkan atas perhitungan yang menggunakan angka mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dan hasilnya. Variabel bebasnya adalah media sosial dan variabel terikatnya yaitu prestasi akademik (IPK) mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan khususnya di Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) yang dimulai pada bulan juli sampai januari 2018. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PTI yang diambil secara random (acak) berjumlah 220 mahasiswa. Data yang diperoleh dari data kuisioner, Teknik analisisnya menggunakan uji prasyarat dengan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh media sosial terhadap prestasi akademik mahasiswa yang dibuktikan dengan nilai r hitung 0,46 dan nilai signifikasnya sebesar 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifkan yaitu 0,05.