Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di Kelas XI SMAN 1 Simpang Ulim
Main Author: | Maulidia, 291 324 971 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4855/2/Maulidia.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4855/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4855/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMAN 1 Simpang Ulim dalam proses belajar mengajar kimia selama ini pada umumnya guru hanya menggunakan metode secara konvensional. Pembelajaran dilakukan dalam bentuk ceramah, guru mengajarkan tentang konsep materi dan siswa hanya mendengarkan serta mencatatnya. Minat serta motivasi belajar siswa masih rendah dan siswa kurang aktif, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai nilai KKM (kriteria ketuntasan minimum). Salah satu alternatif menyelesaikan permasalahan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran scramble. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian pree eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-1 yang terdiri 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian soal pree test dan post test dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus N-Gain dan uji-t dianalisis dengan SPSS versi 18,0 serta respon siswa di analisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: presentase aktivitas siswa selama proses pembelajaran adalah sebesar 86,66%. Hasil belajar siswa pada materi minyak bumi melalui uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,005 maka dapat diputuskan bahwa H0 ditolak. Respon siswa yang menunjukkan kesimpulan kategori tertarik terhadap model pembelajaran scramble dalam pembelajaran kimia pada materi minyak bumi dengan presentase nilai sebesar 88,66% siswa yang menjawab “Ya”, dan 11,33% siswa yang menjawab “Tidak”. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi minyak bumi.