Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMAN 1 Trumon Timur Aceh Selatan

Main Author: Fitri Filyanti, 291121679
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4830/2/Fitri%20Filyanti.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4830/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4830/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitia yang berjudul “Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan kimia Di kelas X SMA Negeri 1 Trumon Timur Aceh Selatan ”bertujuan untuk meningkatkan, aktivitas, hasil belajar dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pemebelajaran contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini mulai dilakukan 20 Februari 2015 s/d 14 Desember 2015. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian adalah eksperimen yang berupa pra-ekperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA sebanyak 30 siswa. Hasil belajar siswadukur dengan menggunakanaktivitas siswa di ukur dengan lembar observasi, soal tes, dan tanggapan siswa di peroleh dengan angket.Aktivitas siswa tergolong sangat tinggi dengan persentase rata-rata 91,25%, Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan persentase hasil belajar yang diperoleh 65,2% nilai sebelum menggunakan model CTL, sedangkan Siswa telah menggunakan model CTL persentase yang diperoleh 78,67%. Tanggapan siswa adalah positif sebanyak 80%, sedangkan yang bertanggapan negatif 7,4%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranCTL dapat meningkatkan, aktivitas, hasil belajar, dan minat belajar siswa.