Analisis Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture di SMP N 1 Pasie Raja Aceh Selatan
Main Author: | Wirani Ritahlan, 281324938 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4795/1/Wirani%20Ritahlan.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4795/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4795/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMPN 1 Pasie Raja Aceh Selatan berlangsung secara konvesional dan siswa terlihat kurang aktif. Hal tersebut mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada materi sistem peredaran darah manusia. Rancangan penelitian menggunakan Pre Experimental Design dengan One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pasie Raja yang terdiri dari 5 kelas, yaitu VIII1, VIII2, VIII3, VIII4 dan VIII5 sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII5 yang berjumlah 25 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan instrumen test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I yaitu 65,78% dengan kategori aktif dan mengalami peningkatan pada pertemuan II yaitu 89,47% dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa dari nilai rata-rata pre-test yaitu 38,4 mengalami peningkatan pada post-test dengan nilai rata-rata yaitu 76,6 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai ttabel=1,71 dan thitung= 12,99 dengan db= 24 pada taraf signifikan 0,05. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di SMP N 1 Pasie Raja Aceh Selatan.