Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh

Main Author: Rita Zahara, 261222859
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4747/1/Rita%20Zahara.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4747/2/From%20B%20dan%20From%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4747/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran matematika yang berlangsung satu arah dan dominannya aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran matematika menjadi salah satu penyebab kurang minatnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Sehingga hasil belajar yang diharapkan kurang memuaskan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model tutor sebaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Populasi diambil seluruh siswa kelas VIII MTsS Ulumul Qur’an, sedangkan sampel diambil secara acak, yaitu kelas VIII2 dan VIII3. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Sedangkan pengolahan data menggunakan persentase dan uji-t satu pihak melalui program SPSS versi 16.0 for windows menggunakan independent sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (thitung = 9,736 > ttabel = 1,67). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara individual (≥75). Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi fungsi di MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh.