Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Big Book untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di PAUD Ibnu Sina Beurabung Aceh Besar

Main Author: Wirda Rahmita, 140210009
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4704/1/Wirda%20Rahmita.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4704/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4704/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penerapan metode bercerita menggunakan big book dalam mengembangkan kemampuan berbahasa AUD perlu diterapkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Namun hasil observasi awal peneliti pada PAUD Ibnu Sina Beurabung ditemukan kemampuan berbahasa anak belum sepenuhnya berkembang dikarenakan masih terdapat anak-anak yang pengucapan kosa kata masih belum sesuai dengan kosa kata yang sebenarnya dan masih belum memahami cerita dan penjelasan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bercerita dengan teknik ekstratekstual menggunakan big book, mengetahui respon anak terhadap cerita yang disampaikan menggunakan big book, dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berbahasa anak usia dini. Dalam penulisan ini digunakan metode penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi dan percakapan, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengenai aktivitas guru yaitu guru pada siklus I belum sepenuhnya menerapkan interaksi ekstratekstual dan guru telah berhasil menerapkan kedua belas interaksi ekstratekstual pada siklus ke II. Respon anak terhadap cerita yang disampaikan pada siklus I hanyalah sebesai 62.5% atau lima anak namun di siklus ke II respon anak secara keseluruhan sudah 87.5% atau tujuh anak dikarenakan telah diterapkannya kedua belas interaksi ekstratekstual dan terjalinnya interaksi antara guru, anak dan big book. Perkembangan kemampuan berbahasa AUD melalui metode bercerita menggunakan big book pada siklus I kategori BSH & BSB sebesar 62.5% atau lima anak dan siklus II terdapat perkembangan kemampuan berbahasa anak tahap BSH & BSB berjumlah tujuh anak atau 87.5% yang sudah termasuk dalam kategori berhasil. Keberhasilan ini dikarenakan terjadinya interaksi antara guru, anak dan big book.