Analisis Pengembangan Koleksi Berkebutuhan Khusus dan Kaitannya dengan Proses Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) Se-Kota Banda Aceh

Main Author: Aulia Saputra, 531202899
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4695/1/Aulia%20Saputra.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4695/3/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4695/
http://library.ar-raniry.ac.id/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Analisis Pengembangan Koleksi Berkebutuhan Khusus dan Kaitannya dengan Proses Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Kota Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis Pengembangan koleksi Berkebutuhan Khusus di Sekolah SMALB BUKESRA dan SMALBS-B YPAC Banda Aceh dan untuk mengetahui kaitannya pengembangan koleksi tersebut dalam mendukung proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah Staf Perpustakaan, Guru dan Kepala sekolah di SMALB BUKESRA dan SMALB-B YPAC Banda Aceh. Hasil penelitian yang penulis lakukan di kedua perpustakaan SMALB BUKESRA dan SMALB-B YPAC menunjukkan bahwa pengembangan koleksi berkebutuhan khusus belum sepenuhnya dilakukan oleh kedua perpustakaan tersebut, sehingga mempengaruhi proses pembelajaran siswa. Hanya saja untuk pengembangan koleksi di SMALB BUKESRA sudah cukup baik dibandingkan dengan SMALB-B YPAC, dengan melakukan analisis kebutuhan informasi/sumber belajar bagi siswa/inya dan membeli beberapa koleksi yang dibutuhkan oleh guru sebagai sumber mengajar. Kendala yang dihadapi kedua perpustakaan dalam mengembangkan koleksi masih terkendala dari faktor susahnya menemukan koleksi berkebutuhan khusus di Banda Aceh. Faktor kurang mendukungnya proses pembelajaran kedua sekolah tersebut dikarenakan kurikulum yang ditetapkan sering berubah-ubah, oleh sebab itu koleksi yang ada di perpustakaan harus lebih ditingkatkan setiap tahunnya sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi siswa.