Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) dan Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Gerak pada Tumbuhan dikelas Viii Smpn 1 Samadua Aceh Selatan

Main Author: Nurhidayati, 281324917
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4694/2/Nurhidayati.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4694/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4694/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Biologi di SMPN 1 Samadua Aceh Selatan masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi. Alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media dan model yang sesuai dengan materi, salah satunya model Numbered Heads Together dan media Audio Visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dan Audio Visual pada materi gerak pada tumbuhan. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-eksperiment (eksperimen semu) One Group Pretest-Posttes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Samadua, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII3 yang berjumlah 20 orang siswa. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Togheter (NHT) dan media Audio Visual tergolong aktif dengan perolehan nilai persentase 70,5% pada pertemuan pertama dan siswa tergolong Sangat aktif dengan nilai persentase 97,25% pada pertemuan kedua. Hasil uji t menunjukkan thitung (5,38) > ttable (1,73), Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Togheter (NHT) dan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa