Isti'mal Al-Nushus Al-Mutakaamilah Fitadrisi An-Nahwi, Dirasah Tajribiyah Bima'had Daril Al-Ihsan TGK Al-Hajj Hasan Krueng Kalee

Main Author: Muhammad Fakri, 221324051
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ar
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4682/1/Muhammad%20Fakri.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4682/2/Form%20B%20dan%20Form%20D%20.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4682/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Nahwu digolongkan kedalam unsur yang sangat penting didalam bahasa arab, dengan ilm ini dapat menjauhkan kesalahan dalam berbicara dan membaca. Studi ini telah diajarkan di beberapa pesantren salah satunya pesantren darul ihsan, akan tetapi sebahagian siswa di Dayah ini belum mampu menerapkan qawaid nahwu ketika membaca teks dan memahami faedah yang terdapat didalamnya padahal mereka menghafalnya dikarnakan penggunaan metode yang kurang tepat dalam pembelajaran nahwu. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Penggunaan Teks Terpadu Dalam Pembelajaran Nahwu, Penelitian Experimen di Dayah Darul Ihsan TGK. H. Hasan Krueng Kalee. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui proses pembelajaran nahwu di dayah darul ihsan, Mengetahui keefektifan metode teks terpadu dalam pembelajaran nahwu di dayah darul ihsan, Mengetahui respon siswa dalam pembelajaran nahwu dengan metode teks terpadu di dayah darul ihsan. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa-siswi dayah darul ihsan yang berjumlah 974 orang, dan yang menjadi sebagai sampel penelitian ini adalah siswa kelas 4 A yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara, pree test, post test, dan angket. Untuk menganalisa data pree test dan post test peneliti menggunakan rumus t, sedangkan untuk menganalisa data angket peneliti menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran nahwu di dayah darul ihsan dapat dikatakan bagus, hal ini berdasarkan hasil yang peneliti peroleh ketika melakukan observasi langsung dan wawancara, Pengguaan metode teks terpadu efektif dalam pembelajaran nahwu, karena peneliti mendapatkan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu (2,04 < 3,81 > 2,75, dan Respon siswa terhadap pembelajaran nahwu dengan menggunakan teks terpadu sangat tinggi, hal ini berdasarkan data yang peneliti peroleh pada tabel respon siswa terhadap angket.