Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Cahaya di Kelas VIII MTsN 7 Aceh Besar
Main Author: | Rauzatul Jannah, 251121322 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4640/1/Rauzatul%20Jannah.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4640/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4640/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi di MTsN 7 Aceh besar pada pembelajaran fisika diketahui bahwa guru masih menggunakan metode konvensional dimana guru cenderung menggunakan metode ceramah, yaitu pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Metode konvensional tidak semuanya cocok untuk materi fisika, karena metode konvensional memiliki kelemahan di antaranya, dapat menyebabkan siswa bosan tidak termotivasi serta cenderung menghafal rumus-rumus tetapi tidak memahami konsep. Dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan judul Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi cahaya di kelas VIII MTsN 7 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang bertujuan untuk mengetetahui bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 7 Aceh Besar, sementara sampel diambil hanya peserta didik kelas VIII1 dan peserta didik kelas VIII2 yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data pada hasil tes menggunakan statistik deskriptif yaitu dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penilitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di MTsN 7 Aceh Besar. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 5,01 > 1,68.