Strategi Guru Qur’an Hadits dalam Tahsīn al-Qur’ān di MAN 3 Aceh Besar
Main Author: | Herida Yulia, 211323810 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4624/2/Herida%20Yulia.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4624/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4624/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Strategi pembelajaran merupakan taktik atau garis-garis besar haluan yang digunakan guru qur’ān hadīth dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Siswa di MAN 3 Aceh Besar dalam membaguskan bacaan al-Qur’ān membutuhkan strategi dari para guru qur’ān hadīth, agar para siswa mampu membaca al-Qur’ān dengan baik dan dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak siswa yang belum mencapai target. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru qur’ān hadīth dalam tahsīn al-Qur’ān siswa di MAN 3 Aceh Besar? (2) Apa kendala yang dihadapi guru qur’ān hadīth dalam tahsīn al-Qur’ān siswa di MAN 3 Aceh Besar?. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang diterapkan oleh guru qur’ān hadīth dalam membaguskan bacaan al-Qur’ān siswa ialah strategi sorogan dan klasikal, memberi motivasi, memberi pujian, dan memberi nilai. Akan tetapi guru qur’ān hadīth sangat jarang menggunakan media elektronik seperti laptop, mp3 dan lainnya dalam membaguskan bacaan al-Qur’ān. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru qur’ān hadīth ialah terbatasnya waktu yang tersedia, minimnya motivasi dari diri sendiri dan orang tua, serta ada siswa yang membutuhkan waktu panjang dalam proses membaguskan bacaan al-Qur’ān. Kendala-kendala tersebut dapat mempengaruhi proses memfasihkan bacaan al-Qur’ān. Oleh karena itu hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan berbagai strategi dapat mencapai keberhasilan pembelajaran secara efektif dan efisien.