Pengaruh Media Animasi terhadap Aktivitas dan hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak pada Tumbuhan di SMP N 1 Pasie Raja
Main Author: | Amini, 281324939 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4499/2/Amini.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4499/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4499/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMP N 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan masih banyak kendala diantaranya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dibelajarkan oleh guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang belum bervariasi. Hal tersebut memberi dampak terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak mencukupi KKM serta terbatas dalam mengembangkan pengetahuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan true-eksperimen, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel kelas VIII1 dan kelas VIII3 dengan jumlah masing–masing 27 siswa. Pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan soal tes. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa di kelas kontrol untuk pertemuan 1 yaitu 79,43% (Aktif) dan pertemuan ke-2 yaitu 88,06% (Sangat Aktif) sedangkan nilai aktivitas belajar di kelas eksperimen pada pertemuan 1 yaitu 77,72% (Aktif) dan pertemuan ke-2 yaitu 95,9% (Sangat Aktif). Data hasil belajar post-test kelas kontrol yaitu 70,83 sedangkan data hasil post-test kelas eksperimen yaitu 83,04 terlihat dimana thitung > ttabel yaitu 4,24 > 1,67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan.