Analisis Literasi Digital dalam e-Library oleh Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2014 pada Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Main Author: Ira Saputri, 150503146
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ar-raniry.ac.id/4490/1/Ira%20Saputri.pdf
http://repository.ar-raniry.ac.id/4490/8/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
http://repository.ar-raniry.ac.id/4490/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Analisis Literasi Digital dalam Pemanfaatan E-library oleh Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2014 Pada Fakultas Adab Dan Humaniora UIN AR-Raniry Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis literasi digital dalam pemanfaatan E-library oleh Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2014 pada Fakultas Adab dan Humaniora UIN AR-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-deskriptif. Kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Berdasarkan hasil analisis data rekapitulasi jawaban uji pemahaman dan pengetahuan pencarian di internet (internet searching) pada e-library dapat diketahui bahwa persetase tertinggi pada kategori jawaban sangat benar yaitu 98 atau (40,16 %), sedangkan persentase terendah pada kategori jawaban sangat tidak benar 13 atau (5,32 %). Hasil analisis data rekapitulasi jawaban uji pemahaman dan pengetahuan pandu arah hypertext (Hypertextual Navigation) pada e-library kategori jawaban kurang benar dengan skor persentase 57 (46,72%), sedangkan skor persentase terendah di peroleh dari kategori jawaban sangat tidak benar 7 (5,73%). Hasil analisis data rekapitulasi jawaban uji pemahaman dan pengetahuan evaluasi Konten Informasi (Content Evaluation) pada e-library sebanyak 88 (48,08) menjawab kurang benar, menjadi kategori tertinggi. Sedangkan kategori terendah pada kategori jawabn sangat tidak benar 55 (2,7 %). Hasil analisis data rekapitulasi jawaban uji pemahaman dan pengetahuan penyusunan pengetahuan (Knowledge Assembly) pada e-library dapat di analisis bahwa sebanyak 123 atau (40,32 %) termasuk dalam kategori jawaban kurang benar dan menjadi persentase tertinggi, sedangkan 47 atau (15,40 %) jawaban sangat tidak benar merupakan persentase nilai terendah.