Strategi Penghimpunan Dana dan Perhitungan Bagi Hasil Deposito Mudharabah pada PT. BPRS Hareukat Lambaro Aceh Besar
Main Author: | Deski Andiwal, 150601139 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4477/1/Deski%20Andiwal.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4477/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4477/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh PT. BPRS Hareukat Lambaro adalah menghimpun dana dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Penghimpunan dana bertujuan untuk operasional bank, alat pemerintah dalam kegiatan moneter, dan sebagai produktivitas dana bank. Produk penghimpunan dana dalam bentuk simpanan lebih banyak diminati masyarakat Lambaro di antaranya: TAHARA (Tabungan Hareukat), tabungan qurban/aqiqah, tabungan haji/umrah, tabungan mardhātillah(TAMAR), SIMPELIS dan DEPRO (Deposit Profit). Saat melakukan kerja praktik penulis lebih banyak di bagian marketing dan pembiayaan. Tujuan penulisan Laporan Kerja Praktik (LKP) ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh BPRS Hareukat dalam menghimpun dana dan perhitungan bagi hasil deposito mudhārabah. Adapun strategi yang diterapkan oleh PT. BPRS Hareukat Lambaro adalah personal selling (sistem jemput bola), service excellence(optimalisasi layanan), financing (memberikan pembiayaan), Positioning(lokasi kantor yang strategis), penerapan sistem bagi hasil yang tinggi dan pengambilan setoran pertama pembukaan tabungan yang rendah. Rumus perhitungan bagi hasil deposito mudhārabah yaitu, saldo milik nasabah dibagi dengan total saldo produk deposito mudhārabah, dikali dengan keuntungan yang diperoleh untuk deposito mudhārabah, dan dikali dengan nisbah yang telah disepakati di awal akad. Hasil tersebut akan dikenakan pemotongan pajak sebesar 20%. Melakukan penghimpunan dana ada beberapa hal yang harus diperhatikan PT. BPRS Hareukat Lambaro Aceh Besar agar dapat memperluas jaringan pemasarannya seperti lebih gencar melakukan promosi pada media sosial seperti website, agar masyarakat luas dapat lebih mengenal produk yang ditawarkan serta menyebarkan brosur BPRS Hareukat dikeramaian untuk menjaring nasabah baru.