Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Alat-alat Optik di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh
Main Author: | Kausar, 251121371 |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/446/1/kausar%20%28251121371%29.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/446/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi karena kecenderungan siswa yang menganggap fisika sulit dipahami dan membosankan. Rendahnya hasil belajar dan minat siswa terhadap fisika tidak terlepas dari pemilihan model pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik dengan menggunakan Model Inkuiri Terbimbing,Terbimbing yang digunakan pada pembelajaran alat-alat optik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi eksperimen dengan design one-grouppre-test-post-test. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 10,60, dari tabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan dk = n – 1 yaitu dk = 23 – 1 = 22, maka nilai t diperoleh t(1 - α)(n - 1) = t(1 – 0,05)(22) = 1,717. Sehingga diperoleh thitung> ttabel yaitu 10,60>1,717. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada konsep Alat-alat Optik di kelas VIIIC MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh