Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Mind Mapping dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 2 Banda Aceh
Main Author: | Mardhatillah Rasyid, 201223345 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4322/2/Mardhatillah%20Rasyid.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4322/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4322/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Metode pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan untuk mencapai proses pembelajaran yang aktif, pada umumnya guru di MIN 2 Banda Aceh kurang menggunakan metode pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran yang tepat. Sehingga siswa di kelas sering merasakan jenuh dan kurang memiliki minat dalam belajar yang membuat suasana kelas cenderung pasif, dan sedikit siswa yang mau bertanya pada guru meskipun materi yang diajarkan belum dipahami. Oleh sebab itu peneliti menggunakan metode pembelajaran mind mapping dan media gambar dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode mind mapping dengan media gambar pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa melalui penerapan metode mind mapping dengan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V MIN 2 Kota Banda Aceh yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini berlangsung tiga siklus masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui instrumen penelitian, lembar observasi, tes, dan diolah menggunakan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian selama tiga siklus menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,63 pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 76,93. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 87,95. Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai 67,60, pada siklus II dengan nilai 71,95. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai 86,20. Aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 66,66, pada siklus II dengan nilai 71,60. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai 85,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dengan media gambar pada materi kerangka manusia dan fungsinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN 2 Banda Aceh.