Pengaruh Model Pembelajaran TGT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Main Author: Helvy Aprianty, 291324951
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4287/2/Helvy%20Aprianty.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4287/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4287/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Beberapa masalah yang dihadapi oleh peserta didik dalam pembelajaran kimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar yaitu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajarnya, salah satu penyebabnya adalah metode ataupun model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran tidak bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui aktivitas belajar, hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TGT pada materi tata nama senyawa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test Post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X-C MAS Darul Ihsan Aceh Besar yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dapat berpengaruh terhadap aktivitas siswa pada materi tata nama senyawa, pada pertemuan pertama persentase aktivitas siswa 97,92%, pertemuan kedua 98,96% dan pertemuan ketiga 97,99% termasuk kategori sangat baik. Pada hasil belajar berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh hasil yakni nilai signifikan untuk pretest 0,093 > 0,05 dan nilai signifikan pos-test 0,114 > 0,05 yang menyatakan bahwa hasil data untuk pre-test dan post-test berdistribusi normal. Hasil uji NGain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,7 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori sedang. Hasil uji t berpasangan (paired sampel t test) diperoleh dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa. Respon siswa dengan menggunakan model TGT yaitu 96%, yang menyatakan bahwa mereka sangat tertarik belajar dengan menggunakan model TGT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan model TGT terhadap aktivitas, hasil belajar dan respon siswa pada materi tata nama senyawa di MAS Darul Ihsan.