Komunikasi Bisnis dalam Mempromosikan Bus Trans Koetaradja Banda Aceh

Main Author: Rizka Juanda, 411106229
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4238/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4238/3/Rizka%20Juanda.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4238/
http://library.ar-raniry.ac.id/
Daftar Isi:
  • Judul Skripsi ini adalah “Komunikasi Bisnis Dalam Mempromosikan Bus Trans Koetaradja Banda Aceh”. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penyediaan dan operasional Bus Trans Koetaradja yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Aceh, bagaimanakah komunikasi bisnis yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Aceh untuk meningkatkan jumlah penumpang Bus Trans Koetaradja, bagaimana tanggapan masyarakat tentang promosi yang telah dilakukan oleh Dinas Perhubungan Aceh terhadap Bus Trans Koetaradja. Tujuannya untuk mengetahui proses penyediaan dan operasional Bus Trans Koetaradja yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Aceh, untuk mengetahui komunikasi bisnis yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Aceh untuk meningkatkan jumlah penumpang Bus Trans Koetaradja, untuk mengetahui tanggapan masyarakat tentang promosi yang telah dilakukan oleh Dinas Perhubungan Aceh terhadap Bus Trans Koetaradja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi, wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah Dinas Perhubungan Aceh telah berusaha dalam mempromosikan Bus Trans Koetaradja bagi masyarakat untuk mencegah terjadinya kemacetan di Kota Banda Aceh, sehingga masyarakat diharapkan bisa beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke Bus Trans Koetaradja. Sejumlah strategi komunikasi bisnis pun telah dilakukan seperti promosi dan membuat penumpang tetap nyaman ketika menggunakan bus tersebut. Akan tetapi Bus Trans Koetaradja masih minim jumlah penumpang dan belum sesuai dengan harapan, sehingga sosialisasi dan promosi pun harus terus dilakukan untuk bisa memenuhi target. Masyarakat juga sangat setuju dengan program ini dan berharap adanya jalur khusus busway dalam pengoperasiannya. Kata kunci: Komunikasi Bisnis, Promosi, Dinas Perhubungan, Bus Trans Koetaradja.