Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Kelas V MIN Merduati Banda Aceh
Main Author: | Hendra Mulya, 201223480 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4214/2/HENDRA%20MULYA.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4214/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4214/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Hasil belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Berdasarkan observasi, hasil belajar siswa di MIN Merduati Banda Aceh belum mencapai nilai kriteria kelulusan minimal pada pebelajaran PKn disebabkan kurang dalam menggunakan media dan model pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Dari sini timbullah pemikiran penulis untuk melakukan upaya agar terciptanya proses pembelajaran yang lebih baik, dengan menciptakan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan hasi belajar siswa, Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan penerapan model VCT dalam pebelajaran PKn di kelas V MIN Merduati Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dengan penerapan model VCT dalam pembelajaran PKn di Kelas V/B MIN Merduati Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V/B MIN Merduati Banda Aceh yang berjumlah 38 siswa dengan KKM Individual 70 dan klasikal 75%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (l) Lembar Observasi (2) soal post tes, (3) soal Free-tes kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 3, 64%, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 4, 57%. (2) aktifitas siswa pada siklus I yaitu 3, 45%, pada siklus II meningkat yaitu 4, 54% (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60, 52%, dan meningkat pada siklus II sebesar 78, 94%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model Value Clarification Technique sangat cocok digunakan pada pembelajaran PKn dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V/B MIN Merduati Banda Aceh.