Penerapan Permainan Lempar Dadu untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Dasar pada Anak Kelompok A di PAUD Elfa Pirak Beureunuen

Main Author: Karina, 140210059
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4190/1/Karina.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4190/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4190/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan permainan lempar dadu pada anak kelompok Ausia 4-5 tahun di PAUD Elfa Pirak Beureunuen. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A dan kegiatan pembelajaran mengenal lambang bilangan hanya menggunakan buku tulis. Salah satu media yang dapat diterapkan adalah permainan lempar dadu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran menggunakan permainan lempar dadu dan hasil belajar menggunakan permainan lempar dadu. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah anak kelompok A di PAUD Elfa Pirak Beureunuen yang berjumlah 10 orang, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses penerapan permainan lempar dadu dapat dilaksanakan dengan baik, anak dapat melempar dadu, menyebutkan angka, menunjuk wadah angka dan menghitung koin buah; (2) Hasil belajar anak menggunakan permainan lempar dadu berkembang sangat baik. Pada pra tidakan yaitu 49,16%, meningkat pada siklus I sebesar 68,16% dan kembali meningkat pada siklus II dengan persentase 88,33%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan lempar dadu dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan pada anak kelompok A PAUD Elfa Pirak Beureunuen.