Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Elfa Pirak Beureunuen Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie

Main Author: Rizki Ramadhani, 140210061
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ar-raniry.ac.id/4140/2/Rizki%20Ramadhani.pdf
http://repository.ar-raniry.ac.id/4140/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
http://repository.ar-raniry.ac.id/4140/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Perilaku sosial adalah perilaku atau tindakan yang berhubungan dengan orang lain. Namun masih banyak anak usia 4-5 tahun yang kurang berperilaku sosial, kesulitan untuk bekerjasama karena tidak tersedianya media yang mampu mendorong anak untuk berperilaku sosial. Salah satu media yang dapat diterapkan untuk meningkatkan perilaku sosial anak usia 4-5 tahun adalah puzzle. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan media puzzle untuk meningkatkan perilaku sosial di PAUD Elfa Pirak Beureunuen, Bagaimana kemampuan guru dalam penerapan media puzzle untuk meningkatkan perilaku sosial di PAUD, dan Bagaimana peningkatan perilaku sosial anak usia 4-5 tahun di PAUD Elfa Pirak Beureunuen dengan penerapan media puzzle . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan media puzzle untuk meningkatkan perilaku sosial di PAUD Elfa Pirak Beureunuen, untuk mengetahui kemampuan guru dalam penerapan media puzzle untuk meningkatkan perilaku sosial di PAUD Elfa Pirak Beureunuen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah anak kelas TK A PAUD Elfa Pirak Beureunuen yang berjumlah 12 anak, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa pada pra tindakan yaitu 36,53%, mengalami peningkatan pada siklus I yaitu dengan persentase 65,38%, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90,38%. (2) Kemampuan guru pada siklus I yaitu 68,05%, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 97,2%. (3) Hasil perilaku sosial anak pra tindakan yaitu 36,8%, mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 39,1% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 81,66%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan media puzzle dapat meningkatkan perilaku sosial anak usia 4-5 tahun di PAUD Elfa Pirak Beureunuen.