سيطرة الطلاب على المفردات في التعبير التحريرىبمعهددارالإحسان
Main Author: | Teuku Riswandi, 221323988 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ar |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4137/2/Teuku%20Riswandi.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4137/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4137/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Mufradat murupakan salah satu unsur yang terpenting dalam pemakaian bahasa Arab dan penguasaannya. Fungsi mufradat dapat memudahkan dalam memahami bahasa Arab, sehingga mufradat memiliki peranan yang penting dalam pembelajaran bahasa asing. Demikian juga seseorang yang banyak mengetahui mufradat dalam bentuk teks Arab, dapat memahami teks dan mampu untuk menyusun jumlah kalimat bahasa Arab dengan cepat dan benar. Dayah Ihsan merupakan salah satu dari pasantren yang mewajibkan bagi siswanya berbicara dalam bahasa Arab dan Inggris. Peneliti memperhatikan penguasaan hafalan mufradat siswa, tertapi mereka tidak mampu dalam menulis mufradat-mufradat yang telah dihafalnya dengan baik. Penulisan mufradat siswa berbeda dengan apa yang telah dihafalkannya, seperti dalam menulis kalimat, , ,سبورة ساعة نافذة dan mereka menulis tanpa .الألف ,الواو Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah siswa di sekolah MTsS Darul Ihsan tentang penguasaan mufradat dalam penulisannya. Adupun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode Deskriptif, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara dan soal. Adapun populasi penelitian merupakan siswa MTsS Darul Ihsan dengan jumlah 287 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan 3 yang berjumlah 20 siswa. Adapun hasil penilitian yang dicapai adalah, masalah yang dihadapi oleh siswa MTsS Darul Ihsan adalah siswa lemah dalam pelafalan mufradat yang telah di hafalnya. Siswa pandai dalam menghafal mufradat akan tetapi tidak bisa menulis apa yang telah di ucapkanya dengan benar, siswa sulit membedakan huruf–huruf yang saling berdekatan seperti huruf, س و .ث ، ظ و ط، ك و ق Kemampuan siswa lemah dalam menulis dikarenakan tidak bisa membedakan antara huruf yang saling berdekatan dalam makharijul huruf, jadi sebelum bisa menulis mufradat siswa harus memperhatikan/ mengetahui huruf - huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.