Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Main Author: Mawarni, 201223481
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4108/1/Mawarni.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4108/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4108/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran IPA guru tidak hanya memberikan sejumlah konsep yang bersifat hafalan sehingga membuat siswa kurang bergairah, kurang aktif dan kreatif. Akan tetapi bagaimana menghadirkan dalam kehidupan nyata siswa. Salah satunya menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA dikelas IV MIN 20 Aceh Besar, (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA dikelas IV MIN 20 Aceh Besar, (3) Bagaimana kreativitas siswa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA dikelas IV MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui, (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Rubrik penilaian kreativitas siswa dengan menggunakan analisis rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 65,33% dan meningkat pada siikus II yaitu 78,66%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 61,42% dan meningkat pada siklus II yaitu 78,57%. (3) Dan kreativitas siswa pada siklus I yaitu 64,37% dan meningkat pada siklus II yaitu 74,75%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapt disimpulkan bahwa dengan penggunaan pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan kreativitas siswa terhadap pembelajaran IPA pada kelas IV-2 MIN 20 Aceh Besar.