Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kinematika di Kelas XI MAN 2 Aceh Barat

Main Author: Nuriana, 251324503
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4103/1/Nuriana.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4103/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4103/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang terjadi disebabkan rendahnya hasil belajar siswa, dikarenakan ketidaktertarikan pada mata pelajaran, siswa sulit memahami materi yang diajarkan oleh guru, model pembelajaran yang kurang menarik, dan kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa bosan dan kurang semangat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Materi Kinematika di Kelas XI IPA MAN 2 Aceh Barat. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimen dengan desain penelitian Pre tes- Post test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Aceh Barat. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA1 yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes. Hasil pengolahan data dalam penelitian ini didapat thitung = 5,36. Kemudian dicari ttabel dengan dk = (21+18-2) = 37 pada taraf signifikan maka dari tabel distribusi t di dapat t(0,95)(37) = 1,68. Jadi diproleh bahwa yaitu 5,36 > 1,68, maka sesuai dengan hipotesis tersebut dinyatakan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika di kelas XI MAN 2 Aceh Barat. Oleh karena itu, sesuai hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving.