Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Suhu di MTsS Darussyari'ah Banda Aceh
Main Author: | Feri Irawan, 251020668 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4041/1/Feri%20Irawan.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4041/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4041/ https://Repository.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dihadapi oleh berbagai sekolah saat ini khususnya MTsS Darussyari’ah adalah peserta didik beranggapan Fisika itu tidak penting karena setelah menyelesaikan pendidikannya peserta didik tidak akan mengaplikasikan ilmu Fisika tersebut kedalam kehidupan sehari-harinya. Pendekatan pembelajaran CTL ini menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru, dimana guru menyampaikan materi pelajaran lebih bermakna melalui mengaitkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep suhu di MTsS Darussyari’ah Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTsS Darussyari’ah Banda Aceh, sementara sampel diambil hanya peserta didik kelas VIIA dan peserta didik kelas VIIB yang masing-masing berjumlah 15 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal pilihan ganda. Data tes dianalisis dengan statistik deskriptif yaitu dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis data tes didapatkan bahwa nilai yaitu 5,14 > 1,70, artinya penekatan pembelajaran CTL berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil analisis data pada taraf signifikan α = 0,5 menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada konsep suhu sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIIA MTsS Darussyari’ah Banda Aceh.