Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Siswa Kelas XI pada Konsep Fluida Statis di SMA Inshafuddin Banda Aceh
Main Author: | Indri Lavia Marzaus, 251324505 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4030/3/Indri%20Lavia%20Marzaus.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4030/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4030/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil pengamatan kelas XI di sekolah SMA Inshafuddin Banda Aceh didapatkan bahwa kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran fisika dikarenakan guru tidak melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar mengajar dan tidak mengembangkan kemampuan generik sainsnya. Salah satu model pembelajaran yang membuat peserta didik lebih aktif adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan generik sains siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan generik sains siswa pada konsep fluida statis di kelas IPA XI1 dan IPA XI3 di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IPA XI yang berjumlah 60 siswa Inshafuddin Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA3 yang terdiri dari 20 siswa. Metode yang dilakukan adalah metode quasi eksperimen. Data dikumpulkan dalam bentuk soal pretest dan posttest. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 1,94 > 1,68 untuk taraf signifikan 0,05 dan tingkat kepercayaan 95 % sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan generik sains siswa kelas XI pada konsep fluida statis di SMA Inshafuddin Banda Aceh.