Penerapan Teknik Probing-Prompting untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Main Author: | Moni Upita, 261324566 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4017/1/MONI%20UPITA.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4017/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4017/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Kemampuan pemahaman dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting, karna melalui pemahaman konsep siswa dapat mengorganisasi dan mengaplikasikan pemahaman konsep yang telah diperolehnya. Selanjutnya kemampuan tersebut akan membawa siswa pada pemahaman yang mendalam tentang konsep matematika yang telah dipelajarinya. Namun pada kenyataannya siswa mengalami masalah dengan pemahaman konsep, karena rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan teknik pembelajaran probing prompting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran teknik probing prompting lebih baik dari pada mengikuti pembelajaran konvensional dan mengetahui Pemahaman Konsep Matematika siswa dengan mengikuti Pembelajaran teknik Probing Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik Probing-Prompting lebih baik dari pada pembelajaran konvensional dan Pemahaman Konsep Matematika siswa yang mengikuti Pembelajaran teknik Probing Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen pretest-posttest control desaign. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas X SMA N 1 Mesjid Raya tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampelnya dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Dengan hasil penelitian digunakaanlah statistik uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil pengolahan tersebut diperoleh thitung =3,25 dan ttabel =1,665 maka t_hitung>t_tabel sehingga terima H1, dan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA N 1 Mesjid Raya yang diajarkan dengan teknik pembelajaran Probing Prompting lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dan Pemahaman Konsep Matematika siswa yang mengikuti Pembelajaran teknik Probing Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.