Pengaruh Metode Learning Game Melalui Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar
Main Author: | Khairuman, 291324996 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4014/1/Khairuman.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4014/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4014/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi pada pembelajaran kimia ditemukan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Unggul Darul Imarah masih rendah. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran berbentuk Game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh learning game melalui media interaktif terhadap aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Posttest-Only Control Design, yang melibatkan kelas kontrol XI IPA5 yang berjumlah 28 siswa dan kelas eksperimen XI IPA4 yang berjumlah 27siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dalam bentuk lembar aktivitas siswa, soal tes dalam bentuk multiple choise, dan respon dalam bentuk angket siswa. Data hasil aktivitas siswa menggunakan persentase. Hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan rumus thitung dan data dari hasil respon siswa menggunakan analisa deskriptif (persentase). Berdasarkan aktivitas siswa diperoleh hasil 98,5%, dan hasil perhitungan dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ ˃˃ ˃ t tt t tabel yaitu 6,84>2,056 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penggunaan metode learning game melalui media interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Hal ini juga dapat dilihat dari ketuntasan peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 62,96% siswa yang tuntas, sedangkan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yaitu 46,43% siswa yang tuntas, hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil respon siswa terhadap penggunaan metode learning game melalui media interaktif diperoleh bahwa 73,65% siswa setuju menggunakan metode learning game pada materi hidrokarbon.