Penerapan Model Kooperatife Group Investigation dengan Metode Eksperimen terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Hukum Newton di Kelas X SMAN 8 Banda Aceh

Main Author: Nike listyorini, 251121367
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3994/3/Nike%20Listyorini.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3994/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3994/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Penerapan model Kooperatif Group Investigation dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hukum Newton di kelas X SMAN 8 Banda Aceh”. Berdasarkan hasil pengamatan di SMAN 8 Banda Aceh bahwa secara umum siswa kurang aktif dan kurang termotivasi mempelajari mata pelajaran fisika. Kebanyakan siswa menganggap mata pelajaran fisika yang merupakan materi yang dianggap sulit dan sukar dipahami dan tidak terlepas dari persamaan matematika, fisika sangat identik dengan rumus-rumus dan angka-angka. Sehingga siswa menganggap konsep dan prinsip fisika sangat rumit dan kurang diminati. Berdasarkan hasil evaluasi guru menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Kooperatif Group Investigation dengan metode eksperimen pada materi Hukum Newton di kelas X SMA N 8 Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 8 Banda Aceh yang berjumlah 8 kelas, sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XMIPA 5 sebagai eksperimen dan kelas XMIPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes yang berbentuk choice. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Kooperatif Group Investigation dengan metode eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional.