Penggunaan Metode Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pengukuran Nilai Resistor Kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar

Main Author: Yulidatullah, 140211024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: aa
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3942/1/skripsi%20pdf%20gabung%20yulidatullah.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3942/5/Form%20B%20dan%20From%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3942/
https://Repository.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X Elektronika SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar menunjukkan sistem pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar, lebih didominasi oleh pembelajaran secara konvensional. Sehingga keaktifan siswa cenderung pasif karena mereka hanya menerima materi dan latihan soal dari guru, sehingga dalam proses pembelajaran siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru dan siswa juga merasa jenuh dan membosankan. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menawarkan suatu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar siswa secara berkelompok yaitu menggunakan metode pembelajaran PBI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran PBI. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 November sampai tanggal 15 November 2017. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen nyata. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 1 Darul Kamal yang berjumlah 198 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Elektronika yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket motivasi. Hasil observasi menunjukan peningkatan yang signifikan dengan menggunakan RPP I, RPP II dan RPP III, baik observasi kemampuan guru mengelola p