Peningkatan Keterampilan Menggunakan EYD melalui Metode Kuis Kelompok pada Siswa Kelas V MIN Merduati Banda Aceh

Main Author: Asria, 201223385
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3886/1/Asria.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3886/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3886/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Menggunakan EYD Melalui Metode Kuis Kelompok Pada Siswa Kelas V MIN Merduati Banda Aceh”. Kebiasaan siswa yang belajar dengan metode ceramah menjadikan sebagian siswa kurang efektif dalam belajar, karena siswa tidak terpengaruh dengan cara mengajar yang disampaikan oleh guru, siswa hanya mendengar sedangkan guru lebih aktif dalam pembelajaran membuat sebagaian besarsiswa kurang memahami apa yang di katakana oleh guru. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah. (1) Untuk mengetahui menerapkan metode kuis kelompok dapat meningkatkan kemampuan keterampilan siswa di MIN Merduati Banda Aceh dalam menggunakan EYD. (2) Untuk mengetahui aktifitas belajar siswa terhadap penerapan pengembangan metode kuis kelompok dengan keterampilan menggunakan EYD di MIN Merduati Banda Aceh.(3) Untuk mengetahui aktifitas guru terhadap penerapan pengembangan metode kuis kelompok dengan keterampilan menggunakan EYD di MIN Merduati Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Merduati, subjek penelitian yaitu siswa kelas Vb MIN Merduati yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang meliputi; observasi, soal tes hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Penerapan metode pembelajaran kuis kelompok mengalami peningkatan pada siklus II sehingga tidak dilanjutkan lagi pada siklus III. Hasil belajar pada siklus I60,87 pada siklus ke II 8,75. 2) Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan metode kuis kelompok meningkat pada setiap siklus yaitu, pada siklus I. 2.49 kategori sedang, siklus II. 3,90 kategori baik, hal ini menunjukan aktivitas belajar siswa semakin meningkat dari setiap siklus. (3) Aktivitas guru mengelola pembelajaran pada siklus I dengan skor sebesar 2.72 kategori sedang pada siklus II 3,70 Kategori baik hal ini menunjukkan aktivitas guru mengelola pembelajaran semakin meningkat dari siklus ke siklus.