Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIN 3 Banda Aceh
Main Author: | Sita Najma, 201325163 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3860/2/Siti%20Najma.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3860/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3860/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang aktif, tidak hanya terfokus pada aktivitas guru, tetapi juga pada aktivitas siswa. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dan mampu menerapkan model yang sesuai dengan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru melalui penerapan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV MIN 3 Banda Aceh? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa melalui penerapan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV MIN 3 Banda Aceh? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi dengan menerapkan model problem based learning kelas IV MIN 3 Banda Aceh?. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasi analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 67,39% berada pada (katagori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 89,13% (katagori baik sekali), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,30% berada pada (katagori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 91,30% (katagori baik sekali), (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,15% (katagori cukup), dan meningkat pada siklus II sebesar 86,84% (katagori baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV MIN 3 Banda Aceh sudah tercapai.