Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi dan Petrokimia di Kelas XI Mas Muta’allimin Aceh Besar

Main Author: Miftahul Kharisma, 291325012
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3858/1/Miftahul%20Kharisma.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3858/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3858/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di MAS Muta’allimin Aceh Besar menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIA1 masih kurang mampu memahami materi minyak bumi dan petrokimia, terdapat beberapa masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran kimia diantaranya yaitu dalam proses pembelajaran masih banyak guru yang tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah media pembelajaran Pop Up. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangkan media pembelajaran Pop Up terhadap aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada materi minyak bumi dan petrokimia. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, teknik observasi, pemberian tes berbentuk uraian dan adanya angket. Hasil persentase validasi yang dilakukan validator yaitu 91,9% dengan kriteria sangat baik. Persentase aktivitas siswa yang relevan selama pembelajaran dapat dikatakan reliabel dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Pop Up pada materi minyak bumi dan petrokimia memperoleh n-gain antara 0,5-1 dengan kriteria sedang dan tinggi. Respon siswa terhadap media pembelajaran Pop Up pada materi minyak bumi dan petrokimia persentase yang diperoleh siswa memberi tanggapan setuju 36%, dan siswa yang memberi tanggapan sangat setuju 58%, hal ini menunjukkan bahwa respon siswa sangat positif. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Pop Up layak digunakanpada materi minyak bumi dan petrokimia.