Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas XI di SMA Negeri 1 Kutapanjang
Main Author: | Leni Mahyana, 291325037 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3826/2/Leni%20Mahyana.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3826/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3826/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Kutapanjang sudah berlangsung sejak awal berdirinya namun criteria ketuntasan minimalnya belum tercapai secara maksimal. Adapun salah satu penyebabnya, kurangnya model pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team quiz terhadap hasil belajar dan respon siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan model pembelajaran team quiz yang dilaksanakan pada dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 19 orang dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan uji-t. Hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 atau 5% diperoleh thitung>ttabel atau 2,34>1,68 sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran team quiz lebih baik dari pada pembelajaran model konvensional. Respon siswa terhadap model pembelajaran team quiz termasuk criteria tertarik yaitu 71,7%.