Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Kelas IV MIN 27 Aceh Besar

Main Author: Agus Saputra, 201325062
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3825/3/Agus%20Saputra.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3825/1/FORM%20B%20DAN%20FORM%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3825/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Selama ini pembelajaran PKn di MIN 27 Aceh Besar cenderung kurang aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga terjadi kejenuhan siswa dalam belajar. Dalam hal ini penulis ingin menerapkan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu Group Investigation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan peningkatan hasil belajar guru dan siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dalam pembelajaran PKn di kelas IV MIN 27 Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-a MIN 27 Aceh Besar yang berjumlah 38 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (l) Observasi (2) Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai nilai 63,33% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II dengan nilai93,33% dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I sudah mencapai 62,5% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II dengan nilai 93,7%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai 79,9%, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikelas IVa MIN 27 Aceh Besar.