Pengaruh Penggunaan Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 3 Montasik pada Materi Usaha dan Energi
Main Author: | Intan Kemala Sari, 251324536 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3806/1/INTAN%20KEMALA%20SARI.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3806/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMPN 3 Montasik umumnya masih rendah. Permasalahan ini disebabkan kurangnya minat peserta didik terhadap proses pembelajaran dan ditambah dengan metode ajar yang masih konvensional. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik dalam memecahkan permasalahan yang dialaminya selama proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dianggap tepat oleh peneliti adalah Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi usaha dan energi dan mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran Talking Stick. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan control group pretest-posttest design, dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar angket peserta didik. Data hasil tes dianalisis dengan uji statistik berupa mean (nilai rata-rata) dan data dari hasil angket respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 84, dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 74,10, dengan hasil uji t menunjukkan bahwa yaitu 3,56 > 1,68 pada taraf signifikan 95%, yang bearti Ha diterima. Persentase respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Talking Stick adalah sangat positif dengan kriteria sangat setuju 77,5%, yang menjawab setuju 19,5% dan kurang setuju 3,0%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran materi Usaha dan Energi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.