Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Dalam Materi Hukum Ohm dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Banda Aceh
Main Author: | Zuyadi, 140211032 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3800/1/Skripsi%20PDF%20komplit.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3800/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran produktif sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan belajar siswa di SMK. Hasil observasi menunjukkan bahwa banyak hasil belajar siswa SMK berada di bawah rata-rata. Ini disebabkan oleh guru yang kurang menerapkan metode demontrasi dalam pelajaran, sehingga bepengaruh dengan kemampuan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh dengan diterapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran Elektronika Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-experiment design: one-group pretes posttes design. Data dikumpulkan melalui pretes, postes dan angket. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian dikemukakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh antara sesudah dan sebelum diterapkan metode demonstrasi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai pada pretes < postes (74,5 < 80,5). Setelah diolah menggunakan rumus uji-t diperoleh thitung = 1,96. Sedangkan ttabel diperoleh dengan menggunakan dk=n-1, dk=10-1=9 pada taraf signifikan 5%, yaitu 0,251. Sesuai dengan hipotesa awal penelitian ini bahwa, jika thitung > ttabel (1,96 > 0,521), maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh.