Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam

Main Author: Opi Yundani, 281324905
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/378/1/Kumpulan%20Skripsi.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/378/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Pembelajaran di SMP N 1 Baitussalam masih berlangsung satu arah dengan kondisi guru mendominasi pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran belum bervariasi dan masih terbatas, selama ini guru masih menggunakan model konvensional, siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual di kelas VIII SMP N 1 Baitussalam. Rancangan penelitian ini menggunakan true exsperimental design. Pengumpulan data dengan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal tes. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan presentase dan hasil belajar siswa menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Baitussalam yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan tergolong sangat aktif daripada aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Hasil analisis data tentang hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Baitussalam yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Hasil thitung = 2,43 dan ttabel = 1,68, sehingga thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa lebih tinggi dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP N 1 Baitussalam pada materi stuktur dan fungsi tubuh tumbuhan.