Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Materi Tata Nama Senyawa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Unggul Darul Imarah

Main Author: Nova Purnamasari, 291325039
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3774/1/Nova%20Purnamasari.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3774/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3774/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif dan juga disebabkan oleh materi yang bersifat kualitatif yang dipenuhi dengan konsep uraiandan hafalan yang menyebabkan hasil belajar rendah. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukanlah penelitian tentang pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining pada materi tata nama senyawa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Unggul Darul Imarah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan model student facilitator and explainingpada materi tata nama senyawa di SMAN 1 Unggul Darul Imarah.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dan angket respon siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X IPA2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas X IPA4 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan independent sample t test dan didapat kesimpulan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining pada materi tata nama senyawa pada SMAN 1 Unggul darul Imarah serta analis uji N-gain diperoleh nilai rata-rata 0,6 untuk kelas eksperimen dengan katagori sedang dan 0,2 untuk kelas kontrol dengan katagori rendah. Hasil presentase respon siswa yaitu 89,5 % mengidentifikasikan bahwa siswa tertarik belajar dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining.